Hanz Cheater | Welcome To Hanz , Semoga Bermanfaat postingannya

Tuesday 6 August 2013

0 Burung Cendrawasih Terindah Di Dunia

 penjelasan
Keluarga Paradisaeidae memiliki spesies dalam jumlah banyak dan umumnya dikenal dengan nama bird of paradise. Anggota genus Paradisaea adalah genus paling terkenal diantara 13 genus burung lainnya. Biasanya jenisnya dikenal dengan nama burung cendrawasih. Burung Cendrawasih terkenal karena warna-warna bulunya sangat terang dan mencolok dan hal itu membuatnya menjadi salah satu hewan paling indah dan menarik di dunia. Bahkan burung cantik ini juga mendapat julukan sebagai “burung dari surga”. Beruntungnya Indonesia, sebab memiliki Papua sebagai salah satu habitat besar burung Cendrawasih. Selain papua burung cendrawasih juga dapat ditemukan di Papua Nugini dan pulau-pulau lainnya. Namun sayangnya burung ini semakin dikhawatirkan keberadaannya karena sering diburu sehingga membuat jumlahnya semakin berkurang. Penasaran dengan keindahan burung cendrawasih ini? Berikut telah kami sajikan beberapa jenis burung cendrawasih yang siap memukau Anda.

 1. Lesser bird of paradise (Paradisaea minor)




Jenis burung cendrawasih pertama adalah Cendrawasih kuning kecil atau Lesser bird of paradise. Burung ini memiliki ciri-ciri berwarna merah coklat dengan mahkota kuning dan punggung atas kuning kecokelatan. Lesser bird of paradise mempunyai tubuh yang berukuran sedang, dengan panjang sekitar 32 cm. Burung jantan mempunyai perbedaan dengan burung betina. Burung jantan memiliki tenggorokan berwarna zamrud-hijau tua, sepasang ekor panjang dan dihiasi dengan bulu hiasan sayap berwarna kuning di daerah pangkal dan berwarna putih di daerah luarnya. Sedangkan tubuh burung betina berukuran lebih kecil dan memiliki kepala berwarna coklat dengan dada putih tanpa dihiasi oleh bulu-bulu indah.

2. Raggiana bird of paradise (Paradisaea Raggiana)



Burung ini dikenal dengan nama lain Count Raggi’s bird of paradise. Habitatnya berada di Pulau Irian selatan dan Timur Laut. Burung Count Raggi’s bird of paradise memiliki ciri-ciri panjang tubuh 34 cm yang berwarna merah-coklat keabu-abuan. Burung jantan dan betina memiliki penampilan yang berbeda. Burung jantan memiliki mahkota berwarna kuning. Sedangkan burung betina memiliki ukuran tubuh lebih kecil daripada burung jantan

3. Blue bird of paradise (Paradisaea rudolphi)



Blue bird of paradise mengingatkan kita dengan salah satu perusahaan taksi ternama di Indonesia. Burung ini berukuran sekitar 30 cm, berwarna hitam, memiliki iris berwarna coklat, kaki berwarna abu-abu serta sayap berwarna dominasi ungu-biru. Kondisi fisiknya membuat sebagian orang menyebutnya dengan nama burung Cendrawasih Biru. Blue bird of paradise merupakan burung endemik Papua Nugini. Habitat terbesarnya berada di pegunungan bagian tenggara Papua Nugini

4. Riflebird Paradise (Ptiloris paradiseus)



Jenis burung terakhir adalah Riflebird Paradise. Burung cantik ini memiliki ukuran tubuh sepanjang 30 cm. Riflebird Paradise jantan memiliki warna tubuh hitam yang dilengkapi dengan mahkota warna-warni berwarna biru kehijauan, kaki hitam serta iris berwarna coklat gelap. Sedangkan burung betina memiliki warna tubuh coklat zaitun. Riflebird Paradise merupakan burung endemik di Australia Timur. Burung ini mempunyai keunggulan pada jantannya yang dapat mengembangkan dan memamerkan bentuk sayapnya seraya bergerak ke kanan dan ke kiri di hadapan burung betina guna menarik perhatian. Riflebird Paradise tersebar di hutan hujan di New South dan pusat Queensland.

0 Comments

Bagaimana Pendapat Anda ?