Hanz Cheater | Welcome To Hanz , Semoga Bermanfaat postingannya

Tuesday 6 August 2013

0 5 Kota Paling Fenomenal Di masa lalu

1. Petra (Yordania)




Kata Petra merujuk pada bangunan kotanya yang terbuat dari batu-batu di Wadi Araba, sebuah lembah bercadas di Yordania. Kota ini berada di dataran tandus setinggi 3.000 kaki yang didirikan dengan menggali dan mengukir batu cadas setinggi 40 meter. Petra merupakan ibukota kerajaan Nabatean. Didirikan pada 9 SM s/d 40 M oleh Raja Aretas IV sebagai kota yang sulit untuk ditembus musuh dan aman dari bencana alam seperti badai pasir.

2. Palmyra (Syria)



Palmyra adalah sebuah kota kuno yang penting di Syria. Lokasinya sekitar 215 km sebelah timur laut dari Damascus dan 120 km barat daya dari Euphrates. Kota ini dikenal dengan nama pengantin padang pasir. Dokumen-dokumen pertama menyebutkan bahwa kota ini semula bernama Tadmor. Kota ini sangat indah di zamannya sehingga para penutur dari Arab sering menggambarkannya sebagai kota ciptaan bangsa jin yang menurut mereka dipersembahkan untuk Nabi Sulaiman AS.

3. Persepolis (Iran)



Salah satu kota kuno terbesar dan berpengaruh dalam sejarah dunia. Persepolis adalah ibu kota dari Kerajaan Persia. Saking besarnya kerajaan Persia, mereka punya empat ibu kota. Persepolis dibangun pada 520 sebelum Masehi. Kota ini dibangun dengan arsitektur yang megah dan rumit. Dihiasi perak dan emas. Pahatan-pahatan kualitas tinggi ada di tiap tinggalan. Persepolis dan Persia jatuh ditaklukkan Alexander Agung. Ia membakar kota ini hingga rata dengan tanah. Sekarang sisa-sisanya masih bisa dinikmati di Iran.

4. Teotihuacan (Mexico)



Teotihuacan adalah salah satu kota purba yang penuh dengan teka-teki yang sulit untuk dipecahkan. Di atas reruntuhan yang sangat tua itu (tidak diketahui berapa ribu tahun usianya), mengapunglah kabut masa lampau, kedunguan dari misteri atau kegaiban. Balok-balok batu seberat ±100 ton yang ditumpangi dengan balok-balok batu lain seberat ±60 ton dijadikan dinding bangunan. Bidang-bidang lain yang bertepi dan bersudut tepat pada persambungan dengan batu-batu persegi lainnya, yang disatukan oleh jepitan yang terbuat dari tembaga.

5. Machu Picchu (Peru)



Machu Picchu adalah sebuah kota di atas gunung. Penemuannya menghebohkan dunia arkeologi. Padahal ia baru ditemukan 100 tahun lalu. Hingga saat ini arkeolog masih belum mengetahui secara pasti apa fungsi dari kota Macchu Picchu ini. Sebab bangsa Indian Inca yang membangunnya tidak memiliki budaya tulis menulis dan tidak ada tinggalan tertulis.

Masih banyak lagi kota-kota fenomenal lain di dunia yang mungkin masih belum terekspose. Tapi setidaknya tulisan ini bisa memberikan gambaran nyata tentang kehebatan suatu bangsa – manusia secara umumnya – dalam mengelola kemampuannya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Tapi, karena ulah tangan mereka sendiri pula kemajuan peradabannya hancur dan hanya meninggalkan kenangan dan misteri.

0 Comments

Bagaimana Pendapat Anda ?