Hanz Cheater | Welcome To Hanz , Semoga Bermanfaat postingannya

Friday 21 February 2014

0 10 Cara Mengatasi Rambut Rusak

Ada beberapa cara atau tips yang dapat kita gunakan untuk mengatasi kerusakan pada rambut. Untuk anda yang mengalami kerusakan pada rambut anda sebaiknya tidak terlalu khawatir karena berikut ini kita akan membagikan cara--cara mengatasi rambut rusak. Seperti apa caranya? Silahkan simak tips mengatasi rambut rusak dibawah ini:
10. Jauhkan rambut anda dari panas
Panas adalah salah satu sumber yang bisa merusak rambut anda dari akar. Panas tidak hanya menyebabkan rambut anda cepat rontok, namun juga menjadi bercabang dan rapuh. Jika anda mendeteksi tanda-tanda kerusakan pada rambut anda, segera stop penggunaan panas berlebih ke rambut, termasuk dalam menggunakan pengering rambut, pengeriting rambut, atau pelurus rambut.
Hair dryer lebih baik tidak digunakan sampai rambut anda benar-benar kuat. Gunakan saja handuk, atau biarkan rambut anda kering dengan alami. Jika anda harus mengeriting rambut, cobalah untuk menggunakan rol-rol rambut, karena walaupun metode ini memakan waktu, namun kesehatan rambut anda akan lebih terjaga.
9. Berhenti mengecat rambut anda
Ada berbagai zat-zat kimia yang berpotensi membuat anda makin rusak di dalam setiap pewarna rambut. Oleh karena itu, jika anda memiliki rambut yang rapuh atau bercabang, hindarilah untuk tidak terlalu sering mengecat rambut. Lagipula di kalangan orang Indonesia, wanita atau pria yang berambut hitam masih dianggap lebih menarik daripada yang memiliki warna rambut tidak alami.
Selain cat rambut, hindari juga zat-zat kimia lain yang berpotensi merusak rambut. Zat-zat kimia ini biasanya ada pada obat untuk mengeriting atau meluruskan rambut. Pada masa-masa ini, hindari juga untuk pergi ke salon dan lebih baik anda benar-benar mengontrol apa yang akan anda pakai di rambut anda.
8. Gunakan shampo dan kondisioner yang bebas sulfat
Shampo dan kondisioner yang memiliki kandungan sulfat sangat berbahaya bagi rambut, karena memilki potensi yang sangat besar untuk membuat anda mudah rontok. Cek bahan-bahan yang terkandung dalam setiap sampo maupun kondisioner, dan pastikan di dalamnya tidak terdapat kata "sodium laurel" atau "laurel sulfat".
Pada saat rambut anda rusak, tidak ada salahnya untuk beralih dari shampo yang banyak diiklankan di TV ke shampo yang terbuat dari bahan alami dan herbal. Mungkin rambut anda akan terlihat lebih berminyak ketika menggunakan shampo alami ini, namun minyak ini justru menjadi tanda-tanda rambut anda mulai sembuh. Setelah menggunakan produk tersebut selama beberapa minggu, produksi minyak di rambut akan kembali normal.
7. Pakailah produk-produk alami untuk menata rambut
Yang dimaksud dengan produk untuk menata rambut adalah gel rambut dan hairspray. Hampir semua produk-produk seperti ini yang dijual bebas di supermarket memiliki kandungan kimia yang sangat tinggi dan berpotensi sangat besar untuk membuat rambut anda menjadi rusak. Untuk menanggulanginya, anda harus mengurangi penggunaan produk penata rambut tersebut atau menggantinya dengan versi alami.
Anda bisa membeli bahan alami ini di toko produk-produk kesehatan, atau bahkan mencoba membuatnya sendiri. Hairspray bisa dibuat dengan campuran sitrus dan air, sedangkan gel bisa diganti dengan larutan air biasa dan gelatin.
6. Terapi minyak
Ada berbagai minyak yang bisa memberikan nutrisi bagi rambut anda dan membuatnya menjadi sehat kembali. Beberapa minyak ini juga memiliki fungsi untuk menghitamkan rambut dan memperkuat akar-akarnya. Cobalah pergi ke toko kesehatan, dan carilah minyak rambut yang memiliki fungsi untuk memperkuat rambut.
Anda bisa juga melakukan terapi dengan membuat sendiri minyak rambut anda, dengan olive oil (minyak zaitun) atau berbagai minyak alami lainnya. Gunakan minyak tersebut ke akar rambut anda, pijat-pijat selama 15 menit, kemudian bilas hingga bersih dengan air hangat.
5. Jangan terlalu sering keramas
Keramas memang bagus untuk membersihkan rambut dan kulit kepala, dan dianjurkan untuk dilakukan secara rutin. Namun terlalu sering berkeramas justru bisa memiliki efek bumerang yang berbalik membuat rambut anda menjadi cepat rusak. Ini bisa terjadi terutama bila anda menggunakan berbagai macam shampo dengan kandungan bahan kimia yang tinggi.
Oleh karena itu, sangat disarnkan untuk paling banyak melakukan keramas adalah 3 kali dalam seminggu. Jika anda berkeramas tiap hari, hal ini bisa membuat rambut menjadi rapuh, modah rontok, dan dalam jangka panjang bisa merusak kualitas pertumbuhan rambut anda.
4. Jika berenang, gunakanlah topi renang
Apabila anda memiliki hobi berenang dan rambut yang panjang, topi renang adalah barang yang wajib anda miliki. Saat berenang, rambut anda memiliki resiko sangat besar untuk rusak. Kondisi air kolam renang yang biasanya disterilkan dengan zat kimia berpotensi membuat rambut anda cepat rontok. Selain itu, sinar matahari yang menimpa rambut juga makin mempertinggi risiko kerusakan.
Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk meluangkan waktu membeli topi renang. Harganya tidak seberapa, namun untuk jangka panjang bisa menyelamatkan anda dari biaya yang cukup banyak untuk mengobati rambut yang rusak.
3. Potong rambut
Metode ini juga terbukti sangat efektif untuk mengatasi rambut rusak. Cobalah untuk memotong ujung-ujung rambut anda yang rusak dan bercabang, untuk mencegah "penularan" ke rambut anda yang baru saja tumbuh. Selain membuat rambut anda lebih segar, memotong rambut juga memilki fungsi untuk menyegarkan sel-sel rambut.
Satu hal yang perlu diperhatikan, begitu selesai memotong rambut, jangan lagi mengulang berbagai kesalahan yang sama yang berpotensi membuat rambut anda kembali menjadi rusak. Langsung ikuti tips-tips kesehatan yang sudah kami berikan di atas.
2. Jauhkan rambut anda dari sinar matahari langsung
Sinar matahari memiliki kandungan sinar ultraviolet yang sangat tinggi, yang apabila diterima secara berlebihan bisa membuat rambut rapuh, berubah warna, dan terlihat tipis. Oleh karena itu, selalu lindungi rambut anda dari sinar matahari langsung, terutama di siang hari ketika matahari sedang memancarkan sinar dengan intensitas tinggi.
Selalu gunakan penutup kepala, terutama jika anda beraktivitas di luar saat siang hari. Saat berada di pantai, tutup kepala juga menjadi hal yang wajib dikenakan. Jika rambut anda terkena sinar matahari langsung dalam waktu yang lama, segera beri kondisioner untuk mengurangi efek kerusakan rambut.
1. Jaga kesehatan tubuh anda secara menyeluruh
Ya, anda juga harus memperhatikan kesehatan tubuh anda secara keseluruhan. Yang dimaksud kesehatan tubuh secara keseluruhan ini adalah kesehatan sistem pencernaan, pernapasan, peredaran darah, suhu tubuh, dan lain-lain. Pada intinya, jika tubuh anda sehat, hal ini juga berpengaruh positif pada kesehatan mata, kesehatan kulit, dan tentu saja kesehatan rambut.
Pastikan juga sehat secara mental, karena stress juga bisa memicu kerusakan rambut. Pastikan untuk makan makanan bergizi, olahraga teratur, dan tidur cukup. Pola hidup yang sehat dan seimbang akan membuat rambut anda tampak lebih sehat dan berkilau.

Seperti itulah info top 10 kali ini seputar dunia kesehatan dan kecantikan. Semoga 10 tips mengatasi rambut rusak diatas dapat membantu anda dalam mengatasi kerusakan pada rambut anda.

0 Comments

Bagaimana Pendapat Anda ?