Hanz Cheater | Welcome To Hanz , Semoga Bermanfaat postingannya

Monday 10 February 2014

0 Tips Agar Baterai Pada Laptop, Notebook Maupun Netbook Tidak Cepat Habis

Tips Agar Baterai Pada Laptop, Notebook Maupun Netbook Tidak Cepat Habis

Pasti kita sering menjumpai beberapa orang yang suka mengeluh tentang daya kapasitas baterai laptopnya yang terus mengalami penurunan. Ada yang dipakai satu setengah jam saja, kemudian mati, ada yang sampai kurang dari 30 menit baterai laptop sudah mati, bahkan ada juga yang parah, sampai baterai laptop tidak tahan sama sekali dengan kata lain, notebook jika mau di nyalakan, harus dihubungkan ke charger dan ke aliran listrik. Ya, itulah beberapa fenomena yang terjadi di masyarakat sekitar kita yang banyak mengeluhkan tentang baterai laptopnya yang sering mati mendadak, ataupun baterai laptopnya yang tidak tahan lama jikalau dipakai.
Nah, dikesempatan kali ini penulis ingin berbgai tips kepada anda tentang cara merawat baterai laptop, notebook atau netbok agar tidak cepat habis:
  • Lakukan defrag secara teratur.
    Semakin cepat kinerja hardisk anda maka semakin hemat baterai anda, oleh karena itu buat hard drive anda seefisien mungkin dengan melakukan defrag secara teratur.
  • Kurangi cahaya monitor anda.
    Untuk menghemat energi baterai anda, kurangi cahaya monitor laptop sampai batas toleransi yang sesuai untuk mata anda.
  • Matikan program yang tidak perlu.
    iTtunes, Desktop Search, dan lainnya. Semua program ini menambah beban CPU dan baterai. Matikan semua program yang tidak penting jika anda sedang menggunakan laptop dengan baterai.
  • Matikan hardware eksternal.
    Alat-alat dengan USB (termasuk mouse anda) dan WiFi, semuanya menyedot tenaga baterai anda. Cabut atau matikan mereka jika tidak digunakan. Sekarang anda tahu bahwa mengisi ulang iPod anda di laptop adalah suatu ide yang buruk.
  • Tambahkan RAM.
    Jika anda sering menggunakan program yang membutuhkan memory besar, maka ini adalah cara yang lebih efisien daripada menggunakan virtual memory yang lebih membebankan hard drive sehingga baterai laptop juga boros.
  • Gunakan hard drive daripada CD/DVD.
    Walaupun hard drive banyak menghabiskan tenaga baterai, tetapi CD dan DVD menghabiskan energi lebih banyak lagi, bahkan ketika mereka tidak sedang digunakan. Sebisa mungkin gunakan program virtual drive seperti Alcohol 120%.
  • Jaga kebersihan baterai.
    Bersihkan besi yang menjadi penghubung energi baterai dengan laptop secara teratur, sehingga transfer energi dari baterai anda menjadi lebih efisien.
  • Jaga kondisi baterai.
    Tidak baik untuk membiarkan baterai yang terisi dalam keadaan dorman untuk jangka waktu yang lama. Setelah diisi, anda sebaiknya menggunakan baterai tersebut setidaknya sekali dalam 2-3 minggu. Satu hal yang harus diingat, jika baterai laptop anda Li-On maka jangan pernah menggunakannya sampai benar-benar habis.
  • Pilih hibernate, jangan standby.
    Walaupun mode standby dapat menghemat baterai dan anda dapat langsung menggunakan laptop anda kapan saja, tetapi fungsi hibernate dapat menghemat energi jauh lebih banyak karena fungsi ini benar-benar mematikan laptop anda.
  • Jaga suhu laptop anda.
    Laptop anda berfungsi dengan lebih efisien jika suhunya lebih dingin. Bersihkan ventilasi udaranya dengan kain halus atau pembersih keyboard.
  • Hindari multitasking.
    Lakukan sesuatu secara satu persatu jika anda sedang menggunakan laptop dengan baterai. Jangan bekerja dengan multitasking jika anda memang ingin menghemat baterai anda.
  • Kurangi beban CPU anda.
    Aktifitas seperti email dan word processing yang bebannya kecil untuk CPU laptop, menggunakan tenaga baterai lebih kecil daripada menjalankan sebuah game atau menonton DVD. Jadi pilih prioritas anda dengan bijaksana.
  • Kurangi beban grafis.
    Anda bisa melakukan hal ini dengan mengganti resolusi layar anda dan mematikan driver grafis yang tidak dibutuhkan. Graphic card atau video card sama borosnya seperti hard disk dalam menghabiskan energi baterai.
  • Matikan WebCam jika tidak dibutuhkan.
    Kadang setelah chatting menggunakan webcam (Baik itu Yahoo Messenger, Skype, Facebook atau yang lain), kita lupa untuk mematikan wb camera di notebook. Alangkah lebih baik kalau kita bisa mematikan webcam jika tidak digunakan.
Cukup mudah bukan (Namun butuh ketlatenan tentunya). Jika anda telaten untuk melakukanya, bisa dipastikan baterai anda akan lebih awet dan tahan lama.

Original Post By : cintagadget.com

0 Comments

Bagaimana Pendapat Anda ?